/

Kamis, 01 September 2011

Teknik Mnemonic

Buzz this

Teknik Mnemonic


Artikel ini ditulis oleh Ian Ardianzah.


MNEMONIC

Teknik ini saya ambil dari buku “13 Step’s to Mentalism” karya Tony Corinda dan “Secret Of Super Memory” oleh Eran Katz

Mungkin teknik ini terdengar tidak asing bagi anda. Teknik ini mulai populer di kalangan Magician Indonesia ketika Joe Sandy menggunakannya dalam acara The Master dan Duel Mahakarya baru-baru ini. Teknik ini merupakan teknik dasar seorang Mentalist yang ada dalam buku sang maestro Mentalist, Tony Corinda, yang berjudul 13 Step’s to Mentalism.

Sebelumnya saya mau menjelaskan apa yang disebut dengan mnemonic ini. Menemonic ialah teknik menghafal cepat yang sudah ada puluhan tahun lalu. Dalam dunia pendidikan, teknik ini tidak terlalu asing karena teknik ini biasanya digunakan untuk menghafalkan rumus, nama unsur kimia, tenses, dsb (waktu SMA, saya menggunakannya untuk menghafalkan rumus fisika dan nama unsur kimia dengan mudah J).

Pada dasarnya teknik ini sering berupa kata atau suku kata yang ditambahkan pada susunan kata yang ingin dihafal agar terbentuk kalimat dengan arti yang menarik. Salah satu contoh yang paling populer adalah singkatan "mejikuhibiniu" untuk mengingat warna pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Penggunaan mnemonic berdasarkan asumsi bahwa otak manusia terdiri dari dua jenis, ingatan "alami" dan ingatan "buatan." Ingatan alami merupakan bakat sejak lahir dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan ingatan buatan dibangun dengan cara belajar dan bisa dilatih dengan menggunakan teknik mnemonic. Mnemonic bisa digunakan untuk mengingat daftar yang panjang dan sulit diingat hanya dengan ingatan alami.

Lalu bagaimana pengaplikasiannya dalam sulap.?? Nah, kali ini saya akan mencoba memberikan satu permainan sederhana seperti yang dimainkan oleh Joe Sandy pada The Master (saya tidak mendiskreditkan permainan Joe Sandy, saya juga tidak tahu apakah dia menggunakan teknik ini atau tidak).

MENEBAK BENDA YANG SUKARELAWAN SEMBUNYIKAN (menggunakan Mnomonic)
1.       Pertama yang mesti anda lakukan adalah memanggil sukarelawan yang membawa tas (diutamakan perempuan karena perempuan selalu membawa tas jinjing).
2.       Setelah itu minta dia mengeluarkan seluruh isi tasnya sampai semua yang ada dalam tasnya kosong.
3.       Sekarang lihat baik-baik semua isi tasnya dan hafalkan. Misal, isi tasnya adalah Buku, Pulpen, Gunting, Penggaris, dan Handphone. Untuk menghaflkannya buatlah kalimat yang menurut anda unik dengan menggabungkan semua nama benda itu dalam satu kalimat, misalnya

“aku menggambar garis dengan Penggaris pada Buku itu dengan Pulpen itu lalu kuGunting dengan Handphone berbentuk Gunting”.

Mungkin kalimatnya terdengar aneh namun anda akan cepat menghfalkannya jika kalimatnya semakin unik dan aneh.
4.       Setelah menghafalkannya, balik badan anda dan suruh dia ambil satu benda yang mana saja dan anda akan menebaknya. Missal yang sukarelwan ambil adalah Gunting.
5.       Balik badan lagi dan lihat benda tersebut sambil mengulangi kalimat yang tadi anda buat dalam hati. Jika dalam benda dalam kalimat yang ada buat tidak ada maka itulah benda yang diambil sukarelawan.
6.       Beraktinglah seolah-olah membaca pikirannya dan tebaklah benda tersebut.

Poin penting yang harus anda perhatikan dalam mnemonic ini adalah :
1.       Dalam membuat kalimat, buatlah seunik mungkin karena pikiran manusia pada dasarnya menyukai dan mudah mengingat hal yang unik.
2.       Berlatihlah lebih banyak lagi, karena semakin banyak anda berlatih semakin banyak benda yang mudah anda hafal.
3.       Jika trik anda gagal, jangan langsung takut dsb. Tetap tenang dan katakan bahwa sukarelawan anda kurang konsentrasi dan lakukan trik lain yang menurut anda lebih mudah bagi anda. Ingatlah prinsip mentalist yaitu “I am right and always right.

Catatan :  Untuk lebi banyak trik dan tips seputar mnemonic dan teknik sulap matematis lainnya, anda dapat mengunjungi link berikut :  http://www.squidoo.com/trik-sulap-angka

source: http://www.wikumagic.org

0 komentar:

Posting Komentar

SEMUT © 01 September 2011. Design by :aan darco Sponsored by: semuthacker