/

Kamis, 01 September 2011

Tantangan Magic Square 5x5

Buzz this

Tantangan Magic Square 5x5

Trik ini disubmit oleh Yana Tri Wardana, peserta The Battle of Wikumagic January 2010 kategori Second Division
Tantangan Magic Square 5x5 Yana
Sumber : Ini adalah salah satu pengembangan Magic Square-nya Joe Sandy( 4x4). Yaitu Magic Square 5x5. Saya menemukan rumus magic square ini murni otodidak selama 4 bulan lebih, walaupun belakangan di internet pun saya menemukan juga magic square 5x5 dengan rumus berbeda. Intinya sepengetahuan saya Magic Square ini ada dalam bukunya Martin Gardner sang Mathemagicians yang ditulis puluhan tahun yang lalu. Memang sedikit aneh seorang master Joe’ tidak pernah memainkannya di TV. Apakah dia’ belum tahu atau ada alasan lain?
Sebenarnya ini adalah trik mathemagics yang paling saya kuasai, karena hampir tiap minggu saya bermain, tapi demi kemajuan sulap Indonesia saya akn membagikannya gratis. Ingat kode etik saja.
Effect :
Aturan main Magic Square 5x5 hampir sama dengan Magic Square 4x4, namun ada sedikit penambahan perhitungan dan membuatnya menjadi lebih unik. Yaitu;
-Jika dijumlahkan secara horizontal ke-5 barisnya akan memiliki jumlah yang sama.
-Jika dijumlahkan secara vertikal ke-5 kolomnya akan memiliki jumlah yang sama juga.
-Jika dijumlahkan ke-2 diagonalnya akan memiliki jumlah yang sama juga seperti penjumlahan secara horizontal dan vertikal.
Plusnya :
-Jika dijumlahkan ke-4 kotak dipojok ditambah satu kotak dipusat pun akan memiliki jumlah yang sama seperti perhitungan sebelumnya.
-Jika dijumlahkan ke-5 kotak ditengah yang membentuk tanda + pun akan menghasilkan penjumlahan yang sama.
-Jika dijumlahkan ke-5 kotak ditengah yang membentuk tanda X pun lagi-lagi menghasilkan jumlah yang sama.
-Dan uniknya jika kita menambahkan pada lima kotak (kotak-kotak yang membentuk + dan X) yang mana saja selain ditengah, pun akan tetap sama hasilnya. Mungkin anda belum mengerti, dibawah akan saya jelaskan apa itu bentuk X dan bentuk +
Persiapan :
-Untuk Magician : Menghafal rumus Magic Square 5x5 juga bisa menghitung cepat (yang masih lambat bisa dilatih/ karena tidak ada kata terlambat), Kertas polos untuk digambar kotak 5 baris 5 kolom ( Magic Square5x5)
-Untuk Penonton : Pulpen/ spidol, dan alat bantu hitung (kalkulator, dsb).
Maka Rumusnya Adalah : Ada 2 Rumus
Rumus Magic Square 5x5 Baku

Rumus Magic Square 5x5 Dengan Menghafal Angka

Kita kosongkan 1 kotak (misal kotak E/ angka rahasia), kotak E ini paling mudah karena kita hanya menambah angkanya. Kotak yang lain pun bisa tapi campuran + dan -. Jadi, kita cukup menghafal angka
Baris 1 = 4, 21, 14, 10, angka rahasia (E),
Baris 2 = 16, 7, angka rahasia (E) + 2, 6, 18,
Baris 3 = angka rahasia (E) + 4, dengan melihat baris pertama, 3, 20, 13, 9,
Baris 4 = 17, 15, 11, angka rahasia (E) + 1, dari baris pertama, 5,
Baris 5 = 8, angka rahasia (E) + 3, dari baris pertama.
Jadi rumus ini berlaku untuk angka 49 keatas (4 + 21 + 14 + 10 = 49), sampai angka berapapun bisa asalkan yg diisi kotak E’-nya. Jika mau mengambil kotak yang lain (A, B, C, D) sebagai acuan, bisa saja tetapi rumus akan berubah.
Prosedur :
Contoh; jika angka yang dihasilkan dari campuran berbagai macam angka penonton = 74 maka angka rahasia = 74 – 49 = 25, angka yang dimasukan menjadi (4, 21, 14, 10, 25) 25 ini adalah angka rahasia yang menjadi acuan untuk mengisi baris selanjutnya.
*Catatan : untuk memulai permainan total angka penonton harus diatas 49, kalau tidak akan ada hasil minus.
Maka setelah dihitung akan muncul angka-angka sebagai berikut :
Jika garis kuning kita hitung (secara vertikal) maka jumlahnya akan 74, begitupun kolom-kolom/ vertikal selanjutnya akan sama 74.
Jika garis kuning kita hitung (secara hoprizontal) maka jumlahnya akan 74, begitupun baris-baris/ vertikal selanjutnya kan sama 74.

Jika dijumlahkan kelima kotak di tiap diagonal maka akan menghasilkan jumlah yang sama = 74

Ini maksud saya dengan tanda X dan +
‘Tanda X

Jika anda menjumlahkan kelima kotak yang terkena garis hijau maka akan menghasilkan angka yang sama 74
‘Tanda +

Jika anda menjumlahkan kelima kotak yang terkena garis merah maka akan menghasilkan angka yang sama.74
Bonus tambahan kelebihan dari Magic Square 5x5
Jika anda menjumlahkan lingkaran yanmg berwarna merah, anda pun akan mendapat angka 74, dan sekilas juga membentuk tanda +.

Jika anda menjumlahkan lingkaran yanmg berwarna merah, anda pun akan mendapat angka 74, dan sekilas juga membentuk tanda X.

Tanda ‘+ lain dan Tanda ‘X lain yang menghasilkan bilangan 74

Initnya ada 32 perhitungan berbeda yang akan menghasilkan jumlah 74 jika mengikuti aturan diatas.
Kesimpulan : Seperti kutipan dari ‘Joe Sandy ‘ di THE MASTER season 1 saat memainkan Magic Square 4x4, kurang lebih begini bunyinya ‘jika kita mampu menggabungkan kekuatan otak kiri, otak kanan, otak besar, otak kecil dan otak tidak waras kita maka kita mampu untuk mengisi magic square 4x4 yang saya lakukan barusan’, maka pesan tambahannya adalah dalam magic square 5x5 ini pikiran positiflah (tanda + ) yang membentuk pikiran positif sehingga mampu membantu menyeimbangkan angka- angka dalam 25 kotak ini sehingga bisa memiliki jumlah yang sama , walaupun ada juga tanda ‘X’/ miring, tapi jika kita melihatnya dari sisi lain (miring) maka ia akan tetap menjadi terlihat +, ‘maka berpikirlah positif disetiap kejadian yang kita lihat agar kita bisa mendapatkan pelajaran yang berharga darinya demi kesuksesan dimasa depan.

Thank's: http://www.wikumagic.org
Salam Hacker not Cracker (http://semuthacker.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMUT © 01 September 2011. Design by :aan darco Sponsored by: semuthacker