/

Kamis, 01 September 2011

The Prediction Is

Buzz this

The Prediction Is

Artikel ini ditulis oleh Bagas Dharma Setyanto, peserta The Battle of Wikumagic December 2010 kategori First Division.



The Prediction Is…


Asal Trik :
Trik ini saya ciptakan berdasarkan gabungan – gabunan dari trik – trik dan prinsip - prinsip dasar sulap yang telah ada dan terinspirasi dari salah satu permainan Joe Sandy pada salah satu shownya.

Effect :
Anda mampu memprediksikan hasil perhitungan angka secara acak dan bahkan Anda mampu memprediksikan hasil tersebut secara mendetail dan memiliki makna tersendiri.

Catatan Penting :
Ikuti terlebih dahulu apa yang di instruksikan dalam trik ini dan jangan dulu memvariasi trik sebelum anda benar – benar paham cara memainkannya.

Persiapan :
1.       Tulis terlebih dahulu 7 digit angka acar pada kertas sembarang. Contoh : 3.837.488 (Ingat baik – baik angka ini).
2.       Kemudian tambahkan angka 1 di depan 7 digit angka yang telah anda tulis dan kurangkan digit terakhir dari 7 digit angka yang anda tulis dengan angka 1. Contoh : 13.837.487 (8-1=7)
3.       Lakukan beberapa operasi matematika pada angka tersebut, dibagi, dikali, dijumlah, maupun dikurang. Contoh : 13.934.487 : 3 x 5 – 8.567.924 =  14.656.221
4.       Sediakan 8 lembar kertas dan 8 buah Amplop. Tulis angka 14.656.221 pada setiap amplop. Dengan catatan masing – masing amplop berisi satu digit angka dari angka 1, 4, 6, 5, 6, 2, 2, dan 1. Kemudian tuliskan huruf A – H pada masing – masing amplop. Amplop pertama ditulis huruf A, kedua B, ketiga C, dst.
5.       Di balik masing – masing kertas yang anda tulisi dengan angka – angka, anda tulis :
-          Kertas pertama : Terdapat 3 angka yang sama pada hasil akhir, yaitu 1, 2, dan 6.
-          Kertas kedua : Hasilnya kurang dari 15 Juta.
-          Kertas Ketiga : Hasil akhir terdiri dari 8 digit angka.
-          Kertas Keempat : Terdapat sebuah angka 5.
-          Kertas Kelima : Anda harus bertukar tempat dengan pemegang amplop E.
-          Kertas Keenam : Lucky Number is 9
-          Kertas Ketujuh : Agar prediksi lebih sempurna, buka amplop G.
-          Kertas Kedelapan : Terakhir, balik seluruh kertas yang telah anda ambil dan lihat hasilnya.
6.       Masukan secara acak angka – angka yang telah anda tulis pada kertas ke dalam amplop dengan ketentuan, bagian kertas yang terdapat tulisan prediksi anda menghadap ke depan. Misal, angka 1 – C, 4 – A, 6 – B, 6 – D, 5 – E, 2 – F, 2 – H, dan 1 – G
7.       Sediakan satu pak kartu dan letakkan kartu apa saja yang bernilai 3 di tumpukan paling bawah.
8.       Kemudian sediakan sebuah gelas yang berisi bola – bola dari kertas yang semuanya bertuliskan angka 5.
9.       Selembar kertas, alat tulis, dan sebuah kalkulator.
10.   Dua orang asisten yang menyamar sebagai penonton. Asisten pertama bertugas untuk menuliskan 7 digit angka dengan ketentuan : Setiap digit yang dia tulis harus berjumlah 9 jika dijumlahkan dengan digit angka di atasnya. Perhatikan gambar di bawah :



Selain itu tugas dari asisten yang pertama adalah untuk mengacak amplop yang telah diurutkan sesuai huruf yang tertulis pada amplop dari A – H. Berikut adalah ketentuan mengacak amplop yang harus anda perintahkan pada asisten anda : A ditukar dengan C, B ditukar dengan A, dan H ditukar dengan G .
Kemudian tugas dari asisten yang ke dua adalah menyebutkan 7 digit angka sesuai dengan yang anda perintahkan sebelum show di mulai. Contoh : 8.567.924 (Suruh asisten anda menghafalkan angka tersebut).

11.   Persiapkan sebuah papan tulis / whiteboard seperti gambar di bawah :



Tulis angka – angka pada garis yang kosong.

Prosedur :
1.       Sebelum memulai permainan anda, mulailah dengan cerita singkat anda. “Sudah menjadi jalan hidup setiap manusia untuk memiliki impian yang menjadi tujuan hidup mereka. Perjuangan dan pengorbanan tanpa lelah rela dilakukan untuk mencapai impian tersebut. Tanpa sebuah impian seseorang tidak akan mampu menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan. Namun, akhir – akhir ini dan pada kehidupan di zaman ini. Banyak sekali orang yang hanya memiliki impian – impian tanpa melakukan sebuah usaha. Ada sebagian dari mereka yang masih hanya mengandalkan sebuah ramalan, primbon, atau prediksi kehidupan masa depan mereka, anehnya mereka juga sangat mempercayai hal tersebut. Sebenarnya, arti dari prediksi sendiri bukan itu dan juga sebuah ramalah atau prediksi tidak bias 100% benar, kecuali itu adalah sebuah takdir. Yang biasa kita gunakan disini adalah sebuah perkiraan atau prakiraan yang bisa diketahui menggunakan logika. Misal : ramalan cuaca, kemudian anda bisa memperkirakan perut anda akan sakit jika anda terlalu banyak makan pedas. Nah, seperti itulah kira – kira arti dari sebuah prediksi atau perkiraan“.’
2.       Kemudian anda suruh 8 orang penonton untuk naik ke panggung. Bagikan kedelapan amplop yang telah anda persiapkan sebelumnya kepada mereka. Amplop A diberikan kepada penonton pertama, amplop B penonton kedua, dst.
3.       Suruh mereka berdiri berjejer sesuai dengan urutan huruf pada amplop yang mereka pegang.
4.       Katakan kepada penonton bahwa yang ada di dalam amplop – amplop tersebut adalah perkiraan atau prediksi anda yang akan terjadi beberapa menit kedepan.
5.       Kemudian ambil selembar kertas dan alat tulis yang telah anda siapkan sebelumnya.
6.       Katakan kepada penonton, bahwa anda akan menyuruh salah satu dari mereka untuk menuliskan angka secara acak antara 1 juta hingga 9 juta.
7.       Sebelum menyuruh salah satu penonton untuk menuliskan angka, terlebih dahulu anda beri contoh menuliskan angkanya. Tulis angka yang sebelumnya telah anda ingat – ingat. Dalam contoh ini : anda mengingat – ingat 3.837.488.
8.       Setelah menuliskan angka tersebut pada baris teratas, kemudian anda berkeliling mencari sukarelawan dari penonton untuk menuliskan angka secara acak antara 1 juta hingga 9 juta. Suruh dia menuliskan di baris kedua atau dibawah angka yang anda tulis. Contoh : 4.217.314
9.       Lalu, anda berjalan lagi dan cari asisten pertama anda yang telah menyamar sebagai penonton dan suruh dia menuliskan 7 digit angka sesuai dengan ketentuan yang telah anda janjikan sebelumnya. Dalam contoh ini, berarti asisten anda harus menulis angka : 5.782.685
10.   Setelah itu, kembalilah ke panggung dan ajak asisten pertama anda naik ke atas panggung untuk menyelesaikan langkah selanjutnya. Cari satu penonton lagi yang membawa alat hitung atau handphone untuk membantu menghitung dan membuktikan bahwa permainan anda tanpa rekayasa.
11.   Berikan kalkulator kepada asisten anda dan suruh asisten anda dan sukarelawan anda untuk mulai menghitung. Berarti angka yang dihasilkan adalah : 13.837.487
12.   Tuliskan angka tersebut pada baris pertama di whiteboard yang telah anda persiapkan.
13.   Suruh sukarelawan anda kembali ke tempat duduknya dan suruh asisten anda untuk tetap ada di panggung untuk membantu anda. Suruh asisten anda untuk mengacak posisi dari ke delapan sukarelawan anda yang memegang amplop. Sesuai dengan perjanjian anda tadi, asisten anda akan mengacak amplop : A ditukar dengan C, B ditukar dengan A, dan H ditukar dengan G. Setelah itu suruh asisten anda kembali.
14.   Kemudian, katakana kepada penonton anda akan mengacak lagi urutan dari amplop – amplop yang telah teracak. Anda tukar posisi amplop D dan E. Hingga kini urutannya menjadi C A B E D F G H.
15.   Ambil satu pak kartu yang tadi telah anda persiapkan, kemudian cari satu penonton secara acak untuk memilih sebuah kartu. Lakukan forcing agar penonton mendapatkan kartu terbawah (kartu bernilai 3)
16.   Kemudian tuliskan hasil yang dia dapatkan pada whiteboard di baris kosong yang kedua yang telah anda siapkan.
17.   Setelah itu ambil gelas yang berisi bola – bola kertas yang telah anda persiapkan tadi dan suruh sukarelawan mengambil sebuah bola kertas. Mengambil yang mana pun sukarelawan tetap akan megambil angka 5. Kemudian tulis angka 5 pada whiteboard pada baris kosong berikutnya.
18.   Suruh sukarelawan anda kembali, kemudian anda cari asisten kedua anda di bangku penonton dan suruh dia untuk menyebutkan 7 digit angka sesuai dengan perjanjian anda sebelumnya. Dalam contoh ini asisten anda menghafalkan angka 8.567.924, kemudian anda tulis kembali pada whiteboard di tempat kosong yang tersisa.
19.   Maka terbentuk sebuah operasi matematika yang menghasilkan angka : 13.934.487 : 3 x 5 – 8.567.924. Suruh satu sukarelawan untuk membantu menghitung angka tersebut, dan pasti menghasilkan angka 14.656.221.
20.   Setalah tahu hasilnya anda tulis besar – besar angka tersebut di white board yang masih kosong.
21.   Buka prediksi anda satu persatu, dimulai dari amplop C – H. Baca prediksi anda dan nikmati applause dari penonton.
22.   Terakhir, anda suruh balik posisi kertas prediksi yang dipegang masing – masing sukarelawan anda satu per satu. Dan disitu akan terlihat prediksi anda tepat dengan hasil penjumlahan, pembagian, perkalian dan pengurangan yang anda lakukan secara acak. Nikmati lagi applause dari penonton.
23.   Kemudian anda sampaikan makna dan pesan dari permainan ini : “Pada saat ini, banyak dari kita yang berdiam diri membiarkan apa yang kita cita – citakan tetap menjadi impian saja tanpa benar – benar berusaha untuk mewujudkannya. Maka dari itu, untuk menjadi manusia yang lebih baik dan berguna, kita sebagai insan manusia sepantasnya berusaha dan selalu berusaha untuk mewujudkan segala mimpi dan keinginan kita“.
Note :
Berlatihlah dan pahami trik ini dengan baik untuk menghasilkan permainan yang hebat dan spektakuler. Perbanyak latihan public speaking untuk memperhalus jalannya permainan.
                Sebenarnya, apa yang mendorong manusia menjalani hari demi harinya untuk mengerahkan segala kemampuan mereka dalam segala tindakan yang mereka kerjakan? Hal ini disebabkan karena manusia telah menemukan alasan dalam diri mereka masing – masing yang mendorong mereka untuk berbuat, bertumbuh, dan menjadi lebih baik kedepannya. Tentu yang menjadi tujuan utama mereka adalah untuk mewujudkan mimpi dan segala keinginan mereka.

About Me :



Nama                    : Bagas Dharma Setyanto
Aliran                    : All rounder
TTL                         : Jakarta, 4 Januari 1995
Asal                        : Sukorejo Kendal, Jawa Tengah
Sekolah                  : SMA Negeri 1 Sukorejo
Blog                       : http://www.bagasdharmasetyanto.blogdetik.com/ atau http://www.bagasmagic.co.cc/

0 komentar:

Posting Komentar

SEMUT © 01 September 2011. Design by :aan darco Sponsored by: semuthacker