/

Kamis, 01 September 2011

Gerbang Pengetahuan

Buzz this

Gerbang Pengetahuan

Trik ini disubmit oleh Wiqoyil Islama, peserta The Battle of Wikumagic January 2010 kategori First Division

Komentar Wiku the Online Magician : Judul trik ini terus terang cukup menarik perhatian saya. Perhitungan Matematika yang terdapat di dalamnya juga merupakan prinsip dasar yang bisa dikembangkan ke tingkat Mathemagics yang lebih tinggi. Cukup rumit, namun sangat layak untuk dipelajari, apalagi di trik ini terdapat salah satu cara menggunakan stooge (asisten yang berpura-pura menjadi penonton)


Effect:

Karrtu yang disusun oleh sukarelawan secara ajaib membentuk magic square


Prop:

Sebuah papan. Gambarlah hexagram seperti di bawah ini pada papan.

Empat lembar kartu bridge masing-masing bernilai 6, 2, 4, 8 (gambar tidak ditentukan)

Sebuah bola atau apapun untuk memilih sukarelawan dari audiens

Seorang stooge (kaki tangan magician yang berbaur di tengah para audiens)
Spidol


Act:

Mintalah stooge membawa bola yang telah anda persiapkan


Saat pertunjukkan dimulai, katakan pada para audiens bahwa anda telah meletakkan sebuah bola di salah satu tempat duduk untuk memilih sukarelawan secara acak. Kemudian stooge berpura-pura menemukan bola tersebut di bawah tempat duduknya. Setelah itu mintalah stooge untuk melemparkan bola tersebut ke arah audiens untuk memilih satu orang sukarelawan lagi (kali ini benar-benar acak)

Berceritalah kepada audiens kisah seperti ini:
“Di suatu kerajaan fantasi, tinggalah seorang raja bersama permaisuri dan seorang putrinya. Suatu ketika sang Raja Menderita sebuah penyakit yang membahayakan nyawanya. Tabib kerajaan mengatakan bahwa obatnya terdapat di sebuah gua dimana pintu gerbang gua tersebut, yaitu gerbang pengetahuan, hanya bisa dibuka oleh orang-orang terkuat saja. Dan seperti inilah pintu tersebut (tunjukkan papan yang telah anda persiapkan). Di depan pintu tersebut terdapat empat lembar kartu (tunjukkan empat lembar kartu yang telah anda persiapkan secara facedown) yang jika kartu tersebut diletakkan pada tempat yang benar pintu gerbang akan terbuka. Namun jika salah, gua tersebut akan runtuh dan harapan kesembuahan sang raja akan hilang. Raja menjanjikan siapapun yang dapat membuka gerbang tersebut, jika dia wanita akan diangkat sebagai anak angkatnya, dan jika dia pria akan dinikahkan dengan putrinya. Suatu hari datanglah seorang pemuda yang ingin menyelamatkan sang raja. Hari ini akan saya tunjukkan apa yang dilakukan oleh pemuda tersebut.”


Persilakan sukarelawan 1 (asli) untuk memilih salah satu kartu, kemudian sukarelawan 2 (stooge) menentukan dimana kartu tersebut harus diletakkan pada papan. Kemudian lanjutkan langkah yang sama dengan kartu-kartu yang tersisa. Tentu saja stooge tahu dan telah mengahafalkan posisi kartu dan anda telah sepakat dengan stooge bahwa hasil akhir pada papan adalah seperti ini:



Setelah semua kartu berada pada posisinya, balik semua kartu ke posisi face up. Katakan pada audiens bahwa orang terkuat yang dimaksud sang Tabib orang yang memiliki kecerdasan. Tunjukkan satu persatu kapada audiens bahwa setiap empat angka yang dihubungkan oleh garis lurus pada gambar hexagram tersebut berjumlah sama, yaitu 36.


Ceritakan sebuah ending pada audiens:
“Akhirnya, berkat kecerdasan sang Pemuda, sang Raja dapat disembuhkan. Kemudian sesuai janji sang Raja pemuda tersebut akhirnya menikah dengan sang Putri dan semuanya berakhir bahagia”


Meaning:

Orang terkuat bukanlah orang yang mengatasi masalahnya dengan kemampuan fisik saja, melainkan orang yang memiliki kemampuan berpikir untuk memecahkan masalahnya.

Hexagram diambil dari Super IQ Games oleh John I. Bigg


Oleh:

Nama : A. Wiqoyil Islama
Alamat : Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur
Lahir : 29 Oktober !991


Thank's: http://www.wikumagic.org
Salam Hacker not Cracker (http://semuthacker.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMUT © 01 September 2011. Design by :aan darco Sponsored by: semuthacker